Unggul di Semua Lini, KCI-LSI Denny JA: Herwin-Mustar di Ambang Dua Periode

0
14

Luwuk: Pasangan Calon Kabupaten Banggai, Herwin Yatim-Mustar Labolo unggul dari pasangan Amirudin Tamoreka-Furqanuddin Masulili dan Sulianti Murad-Zainal Abidin Ali Mahu dalam survei yang diselenggarakan Konsultan Citra Indonesia (KCI-LSI Denny JA) 

Survei KCI-LSI Denny JA menunjukan bahwa pasangan petahana Herwin Yatim-Mustar Labolo berpotensi melanjutkan periode kedua kepemimpinannya di Kab. Banggai. Survei terbaru KCI-LSI Denny JA, menunjukan bahwa elektabilitas Herwin-Mustar mencapai 45.1 %. Dan berjarak diatas 20 % dengan kompetitor terdekatnya Amiruddin-Furqanuddin Masulili yang elektabilitasnya 22.6 %. Elektabilitas pasangan Sulianti Murad-Zainal Abidin Ali Mahu sebesar 11.1 %. Yang belum memutuskan sebesar 21.2 %

“Herwin-Mustar unggul di semua segmen pemilih,” kata peneliti KCI-LSI Denny JA, Fajar Moestar di Swiss Belhotel, Luwuk, Kamis, 26 November 2020.

Herwin-Mustar unggul di pemilih laki-laki maupun pemilih perempuan. pada pemilih laki-laki dukungan Herwin-Mustar mencapai 45.1 %, dukungan Amirudin-Furqanuddin sebesar 21.1 %, dan dukungan Sulianti-Zainal sebesar 11. 4%. Di pemilih perempuan, meski ada calon bupati perempuan, namun dukungan pemilih perempuan pun lebih besar ke pasangan petahana Herwin-Mustar.

pada segmen agama. Herwin-Mustar juga unggul di pemilih Muslim, Protestan, Katolik, maupun Hindu. Di segmen pemilih Muslim yang mayoritas, dukungan terhadap Herwin-Mustar mencapai 42.4 %, disusul pasangan Amirudin-Furqanuddin dengan dukungan sebesar 23.6 %, dan pasangan Sulianti-Zainal Abidin dengan dukungan sebesar 13.2 %. Di segmen pemilih Protestan, dukungan pasangan Herwin-Mustar sebesar 48.8 %. Di segmen pemilih Katolik, pasangan petahana Herwin-Mustar juga unggul dengan dukungan sebesar 48.3 %. Keunggulan Herwin-Mustar bahkan lebih telah lagi di pemilih Hindu, dengan dukungan sebesar 64.3 %.

Di Segmen usia. Herwin-Mustar unggul di pemilih milenial, pemilih dewasa, maupun pemilih lansia. Di pemilih berusia dibawah 29 tahun, dukungan terhadap Herwin-Mustar mencapai 45.2 %, dukungan terhadap Amirudin-Furqanuddin sebesar 30.6 %, dan dukungan kepada Sulianti-Zainal sebesar 9.7 %. Di pemilih yang berusia 30-39 tahun dukungan terhadap Herwin-Mustar sebesar 35.8 %. Di pemilih yang berusia 40-49 tahun dukungan terhadap Herwin-Mustar sebesar 44.7 %. Dan di pemilih yang berusia diatas 50 tahun, dukungan terhadap petahana sebesar 56.5 %.

Pada segmen pendidikan. Pasangan petahana Herwin-Mustar juga unggul di semua segmen pendidikan. Baik mereka yang berpendidikan rendah maupun kalangan terpelajar. Di mereka yang hanya lulus SD (populasi pemilihnya 27.6 %), dukungan terhadap Herwin-Mustar sebesar 38.5 %. Di mereka yang terpelajar, dukungan terhadap Herwin-Mustar sebesar 31.6 %, bersaing ketat dengan Amirudin-Furqanuddin yang meraih dukungan sebesar 26.3 %, dan Sulianti-Zainal dengan dukungan sebesar 10.5 %.

Sementara di segmen kelas ekonomi. Pasangan Herwin-Mustar juga unggul baik di segmen wong cilik hingga segmen masyarakat kelas ekonomi menengah-atas. Di pemilih wong cilik, Herwin-Mustar memperoleh dukungan sebesar 38.9 %. Di pemilih ekonomi menengah atas Herwin-Mustar memperoleh dukungan sebesar 41.7 %.

Menurutnya, ada 3 (tiga) alasan yang menyebabkan dukungan terhadap petahana masih kuat. 

Pertama kata Fajar, kepuasaan terhadap kinerja petahana diatas 60 %. Survei menanyakan tentang seberapa puaskah ibu/bapak dengan kinerja Bupati Herwin Yatim dan Wakil Bupati Mustar Labolo. Mereka yang menyatakan puas dengan kinerja Bupati Herwin Yatim sebesar 66.8%. Dan yang menjawab puas dengan kinerja Wakil Bupati Mustar Labolo sebesar 64%.

Alasan Kedua, Herwin Yatim unggul di semua aspek personaliti jika dibandingkan dengan calon bupati lainnya. Ada 8 aspek personaliti yang biasanya menjadi pertimbangan pemilih dalam menilai kualitas calon kepala daerah. Kedelapan aspek personaliti tersebut adalah menyenangkan, jujur, pintar, mampu mengambil keputusan dengan tegas, berwibawa sebagai pemimpin, perhatian kepada rakyat, taat beragama, dan dermawan/suka menolong. Kedelapann aspek personaliti itu dalam persepsi pemilih diungguli oleh Herwin Yatim.

Sedangkan Alasan ketiga, Herwin-Mustar paling populer, paling disukai. Dalam hukum perilaku pemilih, popularitas dan kesukaan merupakan variable penting untuk dipilih. Survei menunjukan bahwa Herwin-Mustar adalah pasangan paling populer/dikenal, dan paling disukai.

Survei tersebut dilakukan secara tatap muka pada tanggal 10 – 15 November 2020, menggunakan 440 responden yang tersebar di seluruh Kabupaten, dengan Margin of error (MOE) survei ini adalah sebesar +/- 4.85 %. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here