PESONA ALAM BANGGAI, SEPOTONG SURGA DI SULAWESI TENGAH

0
26
Foto : https://travelingyuk.com/pulau-dua-sulawesi/102978

Yang membuat Kabupaten Banggai berbeda dengan kabupaten atau kota lain adalah lautan yang memecahnya menjadi daratan-daratan kecil. Dengan kata lain, Banggai Kepulauan adalah kabupaten maritim. Kamu akan meras puas dan pingin kembali lagi jika sudah merasakan langsung wisata bahari di Banggai, mengarungi lautan dan mengintip kehidupan terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang indah. Seolah Tuhan menciptakan Banggai saat ia tersenyum.

Salah satu sektor penting yang menjadi andalan di Banggai Kepulauan adalah wisatanya. Sebenarnya ada apa saja sih di sana? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Pulau Dua

Pulau Dua adalah daerah pesisir Kabupaten Banggai, menyuguhkan pemandangan keren berupa pantai dan alam bawah laut mempesona. Kamu bisa berenang dan menikmati ombak menghempas atau langsung mengintip terumbu karang dengan melakukan snorkeling atau diving. Taman laut di Banggai adalah salah satu yang terindah di Sulawesi. Untuk sampai di Pulau Dua kamu bisa berangkat dari beberapa tempat, misalnya saja Kota Palu. Jika kamu menggunakan pesawat terbang, bisa turun di Palu atau Luwuk.

Molino Tontouan

Molino Tontouan adalah pemandian yang menyegarkan. Kamu bisa merasakan aliran air dari Sungai Uwe Molino yang airnya bersih dan jernih. Warna biru membias di permukaan air pemandian Molino, membuatnya nampak seperti genangan air laut. Sayangnya, masih belum banyak yang tahu keindahan alaminya. Namun sisi baiknya, kamu jadi bisa menyaksikan pemandangan yang benar-benar masih alami.

Air Terjun Tembang

Air Terjun Tembang juga termasuk penampakan alam yang cantik di Kabupaten Banggai Kepulauan. Air mengalir dan terjun bebas dari tebing-tebing yang bertingkat. Belum lagi, kondisi alamnya begitu mempesona. Pepohonan rindang di mana-mana dan kesegaran airnya mampu meredakan siapapun yang dilanda amarah. Kamu bisa menemukan Air Terjun Tembang ini di  Desa Luk Sagu, beberapa kilometer dari Kota Salakan atau 1 jam perjalananan dengan kendaraan bermotor.

Danau Alani

Danau Alani juga merupakan kawasan wisata yang cukup populer dan dijadikan tempat nongkrong oleh kalangan anak muda zaman sekarang. Jika kamu datang di saat yang pas, lebih tepatnya ketika pasang, maka kamu akan melihat hamparan keindahan yang begitu mengagumkan. Tapi, saat surut juga masih tetap indah kok, kamu bisa mengintip bebatuan di tepian danau yang tersusun alami.

Danau Tendetung

Danau Tendetung juga menyuguhkan pemandangan yang lumayan keren. Kamu bisa melihat danau yang begitu luas dan dikelilingi oleh pepohonan. Semakin membuat Danau Tendetung terpampang keindahannya. Secara administratif, Danau Tendetung terdapat di wilayah Kecamatan Totikum dan masuk dalam wilayah tiga desa yaitu Desa Peley, Desa Kanali, dan Desa Tobungku.

Tempat manakah yang paling kamu suka?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here