Kabar Baik. Pemeriksaan Sampel Gunakan PCR Bisa Di Maluku

0
23
Foto: Ilustrasi Tes spasemen PCR

Ambon- Ketua Harian Gugus Tugas covid-19 yang adalah Sekertaris Daerah (Sekda) Maluku, mengaku penanganan dan pencegahan COVID-19 Propinsi Maluku sudah bisa melaksanakan tes Polymerase Chain Reaction (PCR), bagi Pasien Dalam pengawasan (PDP) di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan pengendalian Penyakit (BTKLPP) Ambon.

“Ada berita baik, kita sudah boleh tes PCR di Ambon di Balai TK-LPP mulai besok. Dengan kapasitas Satu hari bisa 50 sampel atau spesimen” kata Kasrul Selang, kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon Pada Selasa Malam 07 April 2020

Menurutnya untuk PDP Maluku, tidak perlu lagi melakukan tes PCR di Labkes Kementrian Kesehatan RI karena sudah bisa dilakukan di Ambon.

“Pelaksanaan tes PCR sudah bisa dilakukan pada Rabu besok, dengan kapasitas pemeriksaan 1 hari bisa diperiksa sampai 50 sampel,” ungkapnya.

Dia memastikan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) kini sudah bisa cepat diketahui terkait hasil negatif atau positif terinfeksi corona.

Selain itu Kasrul menambah tiga PDP asal saparua, yang kini di rawat di RS Angkatan Laut, belum mengetahui pasti hasil spesimen milik kedua pasien kasus 02, covid-19. Jadwal pengiriman seharusnya dikirim hari ini, dan dirinya juga belum mengecek langsung.

“Saya belum cek, tapi sesuai jadwal di kirim hari ini” ungkapnya.

Sebelumnya, kata Kasrul, telah mengajukan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk tes PCR dilakukan di Ambon oleh BTKLPP.

Mengingat antrian panjang dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia untuk menunggu hasil PCR yang mencapai ribuan per harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here